Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Program kegiatan Dokter Kecil di Sekolah Dasar ini mencapai keberhasilan akan perwujudan nilai-nilai kemanusiaan seperti yang terdapat pada poin ke-dua sila Pancasila. Hal ini didasarkan pada Lembaga Sekolah Dasar yang merupakan pendidikan formal awal bagi anak, dimana selama enam tahun di Sekolah Dasar anak di didik dan dibentuk karakternya agar menjadi pribadi yang cerdas, adil, beradab, dan tentunya menjunjung tinggi rasa kemanusiaan. Program kegiatan Dokter Kecil ini sebagai salah satu implementasi dan upaya pemupukan kesadaran siswa akan semua hal itu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Sumber data penelitian diambil dari jurnal ilmiah dan buku digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program kegiatan Dokter Kecil ini dapat menanamkan bibit-bibit unggul siswa yang mengedepankan nilai kemanusiaan dengan adil dan beradab. Maka, kegiatan ini sepatutnya dipertahankan agar tetap dapat melahirkan generasi yang emas dan menjadi garda terdepan dalam dunia kepalangmerahan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021