Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan pengetahuan personal safety bencana banjir yang layak digunakan untuk anak usia 5-6 tahun. Media buku cerita bergambar untuk meningkatkan pengetahuan personal safety bencana banjir digunakan untuk mengembangkan pengetahuan anak terkait personal safety bencana banjir. Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analisis, desain produk dan pengembangan). Kelayakan produk ditentukan berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media dan penilaian pendidik. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan angket. Analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian media buku cerita bergambar untuk meningkatkan pengetahuan personal safety bencana banjir layak digunakan hal ini didukung dari hasil validasi ahli materi sebesar 76% dengan kategori layak dan hasil validasi ahli media sebesar 79% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media buku cerita bergambar untuk meningkatkan pengetahuan personal safety bencana banjir layak di implementasikan di sekolah TK.
Copyrights © 2021