JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Penerapan Metode Tahfidz Al-Qur'an di Pondok Pesantren Modern I'aanatuth Thalibiin Perawang, Kec. Tualang, Kab. Siak, Provinsi Riau

Pebpriza, Regina (Unknown)
M, Iswantir (Unknown)
Aprison, Wedra (Unknown)
Husni, Arman (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Di Pondok Pesantren Modern I’aanatuth Thalibiin Perawang ini sudah dilaksanakan pembelajaran tahfidz masih kurang maksimal, seperti peserta didik sebagian malas menghafal Al-Qur’an. karena disana pelaksana menghafal Al-Qur’an peserta didik hanya disuruh untuk menghafal ayat Al-Qur’an berdasarkan apa yang disuruh dan guru kurang memberikan latihan dan bimbingan di sekolah. Dan metode yang diajarkan guru kurang tepat sehingga anak tidak bisa menguasai hafalan. Maka dari itu sebagian anak hanya menghafal Al-Qur’an bertujuan untuk mendapatkan nilai saja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, Artinya peneliti akan melihat penerapan metode yang digunakan oleh Guru tahfidz. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Guru tahfidz MTs, sedangkan informan pendukungnya kepalsa sekolah dan santri MTs I’aanatuth Thalibiin Perawang. Teknik pengumpulan data: observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil temuan Penelitian yang penulis lakukan menunjukkan hasil bahwa: Penerapan metode tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren ini dapat dikatakan berjalan dengan baik karena sudah banyak lulusan yang bisa menguasai hafalan yang banyak namun ada juga yang harus diperbaiki kedepannya karena ada beberapa siswa yang tidak mampu menghafal yang tidak sesuai dengan target. solusinya dengan menukar metode yang lain dan lebih cocok agar lebih membantu lagi untuk menghafal. Dari siswa yang berhasil yang bisa menguasai hafalan sesuai target yang di tentukan dikarenakan guru menerapkan metode tersebut seperti metode Sima’I, Muraja’ah, Musyafahah/face to face, Wahdah, Jama’, dan talqin. Kendala yang dialami dalam penerapan metode tahfidz Al-Qur’an yakni kurangnya waktu pembelajaran, Kurangnya waktu penerapan metode, kurangnya tenaga Pembina, Metode masih kurang banyak, dan masih ada kendala ketika penerapan metode. Siswa berkarakter lemah. Solusinya seperti menambahkan waktu, menukar metode lain, menambah pembina menyesuaikan metode yang cocok, dan memberikan motivasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...