JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Penerapan Pendekatan MIKIR dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD pada Pelajaran PKn di Kelas Tinggi

Adelia, Meisya (Unknown)
Armila, Devi (Unknown)
Hasibuan, Ahmad Tarmizi (Unknown)
Juwita, Adinda (Unknown)
Dita, Rahma (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui kemampuan pendidik dalam menerapkan pembelajaran Pkn dengan pendekatan MIKIR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun tempat penelitian berada di MIS Mutiara Aulia Sei Mencirim. Subjek penelitian ialah pendidik kelas tinggi yakni kelas V dan anak didik kelas V. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pendidik telah berhasil menerapkan pendekatan MIKIR untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Kesimpulan penelitian ini adalah pendidik dan anak didik telah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan MIKIR dengan baik, serta hasil yang di peroleh ketika proses pembelajaran lebih meningkat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...