JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas IV Di Sekolah Dasar Negeri Karawaci Baru 4 Kota Tangerang

Ardelia, Elsa (Unknown)
Magdalena, Ina (Unknown)
Rosnaningsih, Asih (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan pada kelas IV di SDN Karawaci Baru 4 Kota Tangerang yang didasari permasalahan sekolah tersebut belum menggunakan bahan ajar elektronik yang interaktif. Selain itu, bahan ajar cetak Bahasa Inggris konvensional kurang berperan dalam memberikan motivasi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul Interaktif Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) kelas IV, semester 2, dengan materi Animals, kompetensi dasar 1.1 Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima dalam konteks kelas dan 1.2. merespon instruksi sangat sederhana secara verbal dalam konteks kelas. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas e-modul yaitu dengan lembar penilaian ahli materi, ahli media dan angket respon siswa. Berdasarkan penilaian para ahli dan angket responden menunjukkan bahwa : (1) penilaian kevalidan e-modul menunjukkan kriteria valid dengan presentase ahli materi 93,68%, presentase ahli media sebesar 81%, (2) penilaian respon siswa memberikan skor rerata 3,56 dari skor 4 dengan kriteria “Sangat Baik”, dan didapatkan rerata skor yang didapat kan melalui angket, pre-test dan post-test “Sangat Baik”. E-Modul Interaktif Berbasis CASE (Creative, Active, Systematic, Effective) dinyatakan layak dan dapat digunakan untuk proses pembelajaran di SDN Karawaci Baru 4 Kota Tangerang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...