JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Kontribusi Budaya dalam Konseling CBT (Cognitive Behavior Therapi)

Wulandari, Lusiana (Unknown)
Sari, Indah (Unknown)
Arifki, Kayla Dwi (Unknown)
Emosda, Ratna Herawati (Unknown)
Mayasari, Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2022

Abstract

Pendekatan Cognitive Behavior Therapi merupakan pendekatan konseling yang berfokus pada terapi kognitif berupa keyakinan, asumsi dan sikap sedangkan terapi behavior berupa perilaku-perilaku yang menyimpang. Sehingga Pendekatan Cognitive Behavior Therapi lebih maksimal untuk meningkatkan perilaku prososial. Perilaku prososial merupakan salah satu bentuk perilaku yang muncul dalam kontak sosial seperti menolong, berbagi, jujur, kerjasama, gotong rotong, saling menghargai dan sebagainya yang merupakan perilaku turun temurun yang telah diajarkan oleh para leluhur terdahulu dan kemudian menjadi suatu kebiasaan. Berkaitan dengan pemikiran, kebiasaan, dan hasil karya cipta manusia yang merupakan suatu hal yang dianggap baik atau buruk bagi kehidupan, kebiasaan tersebut menjadikan suatu nilai budaya yang ada dalam kehidupan masyarakat yang dimana perilaku tersebut merupakan perilaku yang positif. Pendekatan Cognitive Behavior Therapi menentukan konseli untuk menemukan perilaku akhir yang yang sesuai dengan nilai budaya dan keyakinan yang berada di dalam suatu masyarakat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...