JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 3 (2021): 2021

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Mengolah Kulit Pie di SMK Putra Anda Binjai

Ingtyas, Fatma Tresno (Unknown)
Rahmi, Ana (Unknown)
Hilda, Nuwairy (Unknown)
Sutanti, Siti (Unknown)
Hasibuan, Nuria Khaida Arfah (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan mengolah kulit pie siswa yang menggunakan media power point pada pelajaran bakery pastry  (2) Kemampuan mengolah kulit pie siswa yang menggunakan media audio visual pada pelajaran bakery pastry (3) Pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan mengolah membuat kulit pie pada mata pelajaran bakery pastry. Lokasi penelitian SMK Putra Anda Binjai. Waktu penelitian Agustus 2020. Pengambilan sampel secara teknik random sampling. Dengan jumlah  50 orang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan. Teknik analisis data secara deskripsi, uji kecenderungan, uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji hipotesis uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengolah kulit pie pada kelas kontrol dengan menggunakan media Microsoft Power Point diperoleh rata-rata sebesar 77,68 dan standar deviasi 2,58 dengan tingkat kecenderungan nilai kategori cukup sebesar 48%. Sedangkan pada kelas eksperimen dengan menggunakan media audio visual diperoleh nilai rata-rata 90,26 dan standar deviasi 2,78 dengan tingkat kecenderungan nilai kategori tinggi sebesar 36%. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung ttabel (6,24  1,708) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunan media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan mengolah bakery pastry di SMK Putra Anda Binjai

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...