JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pelaksanaan Pengawasan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kedisiplinan Guru di MTs Darul Mu’allamah

Rahmadani, Sinta (Unknown)
Wahyudin, Undang Ruslan (Unknown)
Mustofa, Taufik (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2022

Abstract

Pelaksanaan pengawasan dengan metode yang dilakukan kepala sekolah yang menjalankan kewenangan pekerjaan administrasi, dimana manajemen kepala sekolah merupakan salah satu variabel penentu dalam mencapai tujuan instruktif. Dalam penelitian ini, peneliti perlu melihat jalan menuju pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Tujuan di balik penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan pendidik, untuk mengetahui bagaimana cara melaksanakan manajemen kepala sekolah dalam mengembangkan disiplin pengajar dan untuk menemukan kendala kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin dan penataan pendidik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif memanfaatkan metode deskriptif. Prosedur pengumpulan informasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara itu, prosedur analisa data melalui siklus penurunan, penyajian, dan pengecekan informasi. Analisis data yang terkumpul diidentifikasi dengan berkaitan pelaksanaan pengawasan kepala sekolah MTS Darul Mu’allamah dalam meningkatkan kedisiplinan guru. Hasil akhir dari pemeriksaan ini menggabungkan para analis yang menyimpulkan bahwa pertama, sebagian besar pendidik telah melakukan pengendalian dengan mengikuti pedoman materi di sekolah, juga dalam pelaksanaan pengawasan, kepala sekolah menjaga suasana hangat dengan instruktur dan staf, kedekatan dan transparansi sehingga pelaksanaan manajemen dilakukan dengan sukses dan mahir, yang ketiga adalah hambatan kepala sekolah dalam pelaksanaan kedisiplinan guru di MTS Darul Mu’allamah, khususnya kegelisahan kepala sekolah terhadap tenaga pendidik yang tidak bisa menerima pengaturan peningkatan dan penataran yang akan diselesaikan oleh kepala sekolah. Jawaban atas hambatan ini adalah ketegasan kepala sekolah dalam melaksanakan peningkatan disiplin pendidik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...