Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisa dokumen-dokumen penilaian pendidikan di SMA Katolik Seminari Kakaskasen dan mengonfirmasikan data-data yang diperoleh dengan pihak-pihak yang bertanggung jawab dalam penilaian pendidikan di sekolah. Penilaian pendidikan di SMA Katolik Seminari Kakaskasen sudah meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Penilaian aspek sikap mendapatkan penekanan besar dan dibagi menjadi beberapa bagian, yakni penilaian kepribadian, penilaian kerohanian, penilaian sikap sosial dan penilaian kedisiplinan. Penilaian pengetahuan dan keterampilan tidak jauh berbeda dengan penilaian di sekolah-sekolah lain. Penilaian pengetahuan dan keterampilan dilaksanakan dengan cara yang adil dan jujur. Siswa mendapat nilai sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya dan nilai yang rendah tidak dinaikkan sampai mencapai KKM hanya karena tuntutan akademik.
Copyrights © 2022