Penelitian ini mengkaji tentang strategi, kendala dan upaya guru dalam pencapaian belajar efektif pada pembelajaran Fiqh di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Bukit Baling. Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pencapaian belajar efektif pada pembelajaran Fiqh di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Bukit Baling yakni perencanaan pembelajaran efektif, pelaksanaan pembelajaran efektif dan evaluasi pembelajaran efektif. Kendala guru dalam pencapaian belajar efektif pada pembelajaran fiqh di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Desa Bukit Baling keterbatasan sumber belajar, banyaknya pemberian tugas dan rendahnya disiplin siswa. Sedangangkan upaya guru mengatasi kendala guru dalam pencapaian belajar efektif pada pembelajaran fiqh di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda desa bukit baling mengadakan sumber belajar, meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan disiplin belajar siswa.
Copyrights © 2022