Tindak lanjut supervisi akademik meliputi perencanaan, implementasi, dan penilaian sudah dilakukan pembinaan yang baik oleh kepala sekolah. Tindak lanjut supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru dapat memberi nilai terhadap kinerja guru dan memberi dorongan motivasi terhadap guru yang bertugas di sekolah. Tindak lanjut supervisi akademik ini bertujuan untuk melahirkan guru dan tendik yang mampu mendidik dan mencerdaskan generasi bangsa sekaligus menciptakan suasana lingkungan sekolah dengan nyaman dan ramah. Penulisan artikel ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dengan mengumpulkan data dari jurnal-jurnal penelitian yang sudah ada dan relevan dengan ide yang digagas. Artikel ini menghasilkan sebuah temuan terkait tindak lanjut supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru berkaitan tentang perencanaan, yang meliputi pembinaan silabus dan RPP, sudah baik dilakukan oleh kepala sekolah terhadap guru berdasarkan hasil wawancara (hasil wawancara terlampir). Perencanaan adalah pemikiran sebelum pelaksanaan sesuatu tugas. Jadi Perencanaan supervisi akademik berarti pemikiran tentang penerapan prinsip-prinsip umum supervisi tersebut di dalam pelaksanaan tugas supervisi dalam suatu situasi interaksi kepala sekolah dan guru, baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Karena dengan perencanaan itu, maka seorang kepala sekolah akan bisa memberikan supervisi dengan baik, karena ia dapat menghadapi situasi di dalam sekolah secara tegas, mantap dan fleksibel. Dan juga proses penyusunan instrumen penilaian terkait supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk menciptakan evaluasi kinerja.
Copyrights © 2023