JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Efektifitas Pembelajaran Luring dan Daring pada Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Era New Normal

Ristanto, Kolektus Oky (Unknown)
Primanata, Dani (Unknown)
Sidik, Rizky Muhammad (Unknown)
Ardha, Muchamad Arif Al (Unknown)
Bikalawan, Sauqi Sawa (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Pandemi covid-19 berdampak ke dalam sistem Pendidikan yang ada di Indonesia. Pembelajaran PJOK saat ini dihadapkan pada munculnya dua istilah, yakni pembelajaran luring dan daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif, bertujuan untuk menguji perbandingan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian di lakukan di SMP Labschool UNESA sampel siswa kelas VII yang berjumlah 67 siswa, instrumen adalah kuesioner, Teknik analisis data menggunakan Statistik. Hasil penelitian hasil analisis data kuesioner maka dapat dilihat dari komponen yang dimiliki terdapat perbedaan hasil kategori di beberapa komponen, komponen pertama yakni “hasil”, dari kuesioner diperoleh kelompok daring dengan nilai 2,69 dengan kategori “Baik” dan kelompok luring dengan nilai 2,77 dengan kategori “Baik Sekali”. Komponen ketiga yakni Metode, pada komponen ini kelompok daring dan luring juga memiliki hasil yang sama yakni “Sedang”. berdasarkan hasil angket kelompok daring memperoleh nilai 2,33 dengan kategori “Sedang” dan kelompok luring memperoleh nilai 2,68 dengan kategori “Baik”. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan secara luring memiliki hasil yang lebih baik dari pada pembelajaran daring dalam hal “Kerjasama”. Indikator kerjasama pada kelas PJOK daring dan luring dapat berbeda dari cara pembelajaran dan interaksi antara siswa dan guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...