Penyesuaian sosial merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang dalam menyesuaikan dirinya dengan lingkungan di sekitarnya, baik terhadap orang lain maupun terhadap kelompok sosial. Individu yang mampu menyesuaikan diri secara sosial dengan baik akan mampu membangun hubungan sosial yang baik di lingkungan sekolah. Namun sebaliknya, individu dengan penyesuaian sosial yang rendah akan mengalami hambatan dalam bergaul dengan orang lain, sulit berkomunikasi dengan orang lain, kurang mampu melakukan kerjasama, dan kurang peka terhadap lingkungan sosialnya. Oleh karena itu penting bagi setiap siswa untuk mampu menyesuaikan diri secara sosial di lingkungan sekolah. Penelitian ini berjudul Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Penyesuaian Sosial Siswa. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik role playing terhadap penyesuaian sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan design penelitian Nonequivalent Control Group Design. Subjek pada penelitian ini berjumlah 15 orang siswa yang memiliki penyesuaian sosial rendah. Data hasil penelitian diuji menggunakan uji Rank Spearman dan Wilcoxon. Hasil perhitungan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing berpengaruh 65% dalam meningkatkan penyesuaian sosial siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik role playing berpengaruh dalam meningkatkan penyesuaian sosial siswa.
Copyrights © 2023