Pengembangan karir siswa tentang sekolah kedinasan sangatlah penting dan perlu ditanggapi dengan cepat agar siswa mampu menentukan sekolah kedinasan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Terhadap Pemahaman Karir Siswa Kelas XII di SMAN 1 Tembilahan Hulu Tentang Sekolah Kedinasan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen menggunakan desain Quansi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control One Group Design yang mana pada pengambilan subjek dipilih secara random/acak. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket pengembangan karir selanjutnya di analisis menggunakan uji spearman rank dengan bantuan program aplikasi SPSS versi 23 for windows. Berdasarkan hasil data yang diperoleh terdapat peningkatan pemahaman karir siswa tentang sekolah kedinasan sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal. Kemudian didapatkan hasil bahwa layanan bimbingan klasikal berpengaruh terhadap pengembangan karir siswa tentang sekolah kedinasan sebesar 26%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023