JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Upaya Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Kereta Balon di TK Musfiah Pagaran Baringin

Daulay, Hopman (Unknown)
Saputra, Rizki Hamdan (Unknown)
Nasution, Nurmayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sosial emosional anak usia dini di tk musifah pagaran baringin dan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui permainan kereta balon di TK Musfiah Pagaran Baringin. Data primer dalam penelitian ini yaitu anak TK Musfiah Pagaran Baringin berjumlah 15 orang. Sedangkan data sekunder penelitian ini berupa foto, dokumen dan video selama melaksanakan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan sosial emosional anak usia dini di TK Musfiah Pagaran Baringin masih rendah yaitu kemampuan sosial emosional anak Belum Berkembang (BB) sebanyak 1 anak atau 6,67%, sedangkan kemampuan sosial emosional anak Mulai Berkembang (MB) 8 anak atau 53,33%, kemampuan sosial emosional anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 5 anak atau 33,33%, sedangkan kemampuan sosial emosional anak Berkembang Sangat Baik (BSB) 1 anak atau 6,67%. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui permainan kereta balon di TK Musfiah Pagaran Baringin pada siklus I sampai siklus II sudah mulai meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...