Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sosial emosional anak usia dini di tk musifah pagaran baringin dan upaya guru dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui permainan kereta balon di TK Musfiah Pagaran Baringin. Data primer dalam penelitian ini yaitu anak TK Musfiah Pagaran Baringin berjumlah 15 orang. Sedangkan data sekunder penelitian ini berupa foto, dokumen dan video selama melaksanakan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan sosial emosional anak usia dini di TK Musfiah Pagaran Baringin masih rendah yaitu kemampuan sosial emosional anak Belum Berkembang (BB) sebanyak 1 anak atau 6,67%, sedangkan kemampuan sosial emosional anak Mulai Berkembang (MB) 8 anak atau 53,33%, kemampuan sosial emosional anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 5 anak atau 33,33%, sedangkan kemampuan sosial emosional anak Berkembang Sangat Baik (BSB) 1 anak atau 6,67%. Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia dini melalui permainan kereta balon di TK Musfiah Pagaran Baringin pada siklus I sampai siklus II sudah mulai meningkat.
Copyrights © 2023