Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 5, No 2 (2024)

Pengaruh Metode Quiz Team dalam Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Gowa (Materi Pokok Larutan Penyangga)

RH, Siti Zhaafira (Unknown)
Side, Sumiati (Unknown)
Hardin, Hardin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode quiz team dalam model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar kimia peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 3 Gowa. Populasinya adalah seluruh kelas XI MIA SMA Negeri 3 Gowa yang tersebar dalam 7 kelas. Sampelnya adalah XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 34 dan 36 orang. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan teknik undian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi sejumlah 20 item dan tes hasil belajar pilihan ganda sejumlah 20 item pada materi pokok larutan penyangga. Oleh karena uji prasyarat tidak normal dan tidak homogen maka digunakan uji statistik non-parametrik (Mann-Whitney). Zhitung hipotesis 1 = 5,29 dan Zhitung hipotesis 2 = 3,13 pada taraf signifikan α = 0.05 diperoleh Ztabel = 1,64. Oleh karena itu, Zhitung>Ztabel maka H1 diterima H0 ditolak baik hipotesis 1 maupun hipotesis 2. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode quiz team dalam model pembelajaran discovery learning baik terhadap motivasi maupun terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 3 Gowa pada materi pokok larutan penyangga

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...