JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, And Creativity) Untuk Siswa Kelas VII SMP

Wulandari, Sri (Unknown)
Darmansyah, Darmansyah (Unknown)
Yeni J, Fetri (Unknown)
Ade Kurnia Yusri, Meldi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-modul Matematika Berbasis 4C untuk Siswa Kelas VII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp (preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase). Preliminary research terdiri dari analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Prototyping phase terdiri dari prototipe 1, prototipe 2, dan prototipe 3. Prototipe 1 dievaluasi melalui self evaluation dan expert review untuk melihat validitas produk. Evaluasi melalui expert review dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator materi dan 2 orang validator media. Prototipe 2 dievaluasi melalui one-to-one evaluation dengan melakukan uji coba kepada 3 orang siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda. Selanjutnya prototipe 3 dievaluasi melalui small group evaluation dengan melakukan uji coba kepada 15 orang siswa. Pada tahap small group evaluation dilakukan penilaian terhadap e-modul untuk melihat kepraktisan dari e-modul tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas e-modul dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata persentase tingkat kevalidan oleh ahli materi sebesar 98,33%, kevalidan oleh ahli media 1 sebesar 97,73% dan kevalidan oleh ahli media 2 sebesar 97,87%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 15 orang siswa diperoleh rata-rata persentase 92,13% dengan kategori “sangat praktis”. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-modul Matematika Berbasis 4C yang dikembangkan telah valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...