Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-modul Matematika Berbasis 4C untuk Siswa Kelas VII SMP yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Plomp (preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase). Preliminary research terdiri dari analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Prototyping phase terdiri dari prototipe 1, prototipe 2, dan prototipe 3. Prototipe 1 dievaluasi melalui self evaluation dan expert review untuk melihat validitas produk. Evaluasi melalui expert review dilakukan oleh 3 validator yaitu 1 orang validator materi dan 2 orang validator media. Prototipe 2 dievaluasi melalui one-to-one evaluation dengan melakukan uji coba kepada 3 orang siswa yang memiliki kemampuan yang berbeda. Selanjutnya prototipe 3 dievaluasi melalui small group evaluation dengan melakukan uji coba kepada 15 orang siswa. Pada tahap small group evaluation dilakukan penilaian terhadap e-modul untuk melihat kepraktisan dari e-modul tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji validitas e-modul dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata persentase tingkat kevalidan oleh ahli materi sebesar 98,33%, kevalidan oleh ahli media 1 sebesar 97,73% dan kevalidan oleh ahli media 2 sebesar 97,87%. Hasil uji praktikalitas kelompok kecil dengan jumlah responden 15 orang siswa diperoleh rata-rata persentase 92,13% dengan kategori “sangat praktis”. Hal tersebut menunjukkan bahwa E-modul Matematika Berbasis 4C yang dikembangkan telah valid dan praktis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023