JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa

Simbolon, Dedi Holden (Unknown)
Silalahi, Eka Kartika (Unknown)
Perbina, Theresia (Unknown)
Sitepu, Moria Pepayosa Br (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap aktivitas dan hasil belajar mahasiswa serta interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas terhadap hasil belajar IPA di SD. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa sebanyak 2 kelas yang dikategorikan dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test pilihan ganda sebanyak 10 soal dan lembar observasi. Untuk uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent sample t test varian dengan taraf signifikan ? = 0.05. ???????????????????????? = saraf siginifikan ???? = 5 % = 0,05 karena uji dua pihak (two tails), maka nilai ????/2 = 0,05/2 = 0,025 db = n-2 = 42 – 2 = 40 sehingga ???????????????????????? = ????(0,025;40) = 2,021. Berdasarkan perhitungan statistik uji independent t test untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh ????????????????????????? = 8,254 dan ???????????????????????? = 2,021, karena ????????????????????????? > ???????????????????????? yaitu 8,254 > 2,021 maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ???????? ditolak dan ????1 diterime, dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing ada pengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Swasta Advent 3 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023. ???????????????????????? = saraf siginifikan ???? = 5 % = 0,05 karena uji dua pihak (two tails), maka nilai ????/2 = 0,05/2 = 0,025 db = n-2 = 42 – 2 = 40 sehingga ???????????????????????? = ????(0,025;40) = 2,021 Berdasarkan perhitungan statistik uji independent t test untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh ????????????????????????? = 10,474 dan ???????????????????????? = 2,021, karena ????????????????????????? > ???????????????????????? yaitu 10,474 > 2,021 maka hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ???????? ditolak dan ????1 diterima, dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing ada pengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar IPA siswa kelas V SD Swasta Advent 3 Medan Tahun Pelajaran 2022/2023

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...