JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Animasi Upin Ipin dan Implementasinya terhadap Pembentukan Akhlak Siswa di SDIT Bunga Cempaka

Permana, Neng Mega (Unknown)
Fauziah, Debibik Nabilatul (Unknown)
Ulya, Neng (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2023

Abstract

Pendidikan akhlak bisa didapatkan dimana saja, salah satunya melalui media aplikasi YouTube yang berisi berbagai video animasi edukasi seperti serial Upin dan Ipin, serial Riko, dan lain-lain. Pendidikan Islam harus dimulai sedini mungkin untuk membentuk akhlak, salah satunya pada usia sekolah dasar. SDIT Bunga Cempaka merupakan sekolah dasar yang menaruh perhatian terhadap pembentukan moral peserta didik dengan berbagai cara, salah satunya dengan penggunaan serial animasi Upin dan Ipin di kelas 4, yang sejalan dengan visi sekolah yaitu: “terwujudnya sekolah Islam yang berpusat pada peserta didik, menjadikan peserta didik memahami makna iman dan taqwa, berakhlak mulia, jujur, berkebhinekaan global, bergotong royong, kreatif, mandiri, cinta terhadap keluarga dan tanah air”. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif kualitatatif. Dengan demikian akan tergambar hasil penelitian yang mengambil hasil analisis nilai-nilai Pendidikan islam pada serial animasi Upin Ipin lalu pengimplementasian nilai-nilai Pendidikan islam dalam serial tersebut terhadap pembentukan akhlak siswa di SDIT Bunga Cempaka serta faktor pendukung dan penghambat penerapan nilai-nilai tersebut didukung oleh pendapat para ahli dan pihak lain dalam pendidikan akhlak. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan Teknik analisis data dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Dapat disimpulkan bahwa animasi Upin Ipin episode ini tidak hanya mengandung unsur hiburan untuk anak-anak, tetapi juga mendidik dengan nilai-nilai moral. SDIT Bunga Cempaka menggunakan empat metode dalam melaksanakan pendidikan akhlak, yaitu: metode pembiasaan, metode keteladanan, dan metode reward and punishment. Faktor yang menghambat penerapan ini adalah: lingkungan sekitar dan individu itu sendiri. Sedangkan faktor pendukung meliputi sarana prasarana sekolah serta kerjasama guru dan wali murid.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...