Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas V UPT SDN 11 Tarowang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode show and tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V UPT SDN 11 Tarowang. Jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tahan pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V UPT SDN 11 Tarowang Sebanyak 22 siswa dan satu guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode show and tell dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V UPT SDN 11 Tarowang Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan pada ketuntasan belajar keterampilan berbicara pada siswa kelas V UPT SDN 11 Tarowang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023