Nobel Management Review
Vol. 4 No. 3 (2023): Nobel Management Review

PENGARUH FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PADA PT PELABUHAN INDONESIA (PERSERO)

Rijal, Chaerur (Unknown)
Firman, Ahmad (Unknown)
Badaruddin, Badaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas, kualitas pelayanan dan kompetensi sumber daya manusia terhadap kepuasan pengguna jasa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif dengan pendekatan survey. Penelitian ini dilaksanakan pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Terminal Petikemas di Makassar dengan waktu penelitian selama 2 bulan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh pengguna jasa Terminal Petikemas di Makassar. Dalam penelitian ini ukuran sampel diambil dengan menggunakan Rumus Hair, melalui perhitungan berdasarkan rumus tersebut, didapat jumlah sampel dari penelitian ini adalah sebesar 105. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif, sedangkan sumber data menggunakan data primer. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial maupun simultan Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh positif dan signifikan Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Cabang Terminal Petikemas di Makassar. Penelitian ini menghasilkan nilai koefisien determinasi R2 atau R Square sebesar 0,459. Hasil ini berarti bahwa variabel Fasilitas, Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Sumber Daya Manusia memiliki hubungan dengan Kepuasan Pengguna Jasa sebesar 45,9%, dan sisanya 54,1% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NMaR

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Nobel Management Review (NMaR), adalah jurnal peer-review yang diterbitkan empat kali setahun (Januari-Maret, April-Juni, Juli-September, Oktober-Desember) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Publikasi Nobel Indonesia (LP2NI) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia Makassar. NMaR ...