JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Perancangan Aplikasi Kuis sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran TIK di SMP Al- Azhar 39 Bukittinggi

Akbar, M. Ali (Unknown)
Khairuddin, Khairuddin (Unknown)
Supriadi, Supriadi (Unknown)
Okra, Riri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan evaluasi pembelajaran berupa kuis di kelas VIII SMP Al-Azhar 39 Bukittinggi pada mata pelajaran TIK masih menggunakan kertas atau dikenal juga dengan istilah paper and pencil test, dimana cara ini dipandang kurang menarik bagi peserta didik, ini berdasarkan obsevasi dan wawancara peneliti dengan beberapa peserta didik, mereka cenderung bosan dengan pelaksanaan kuis seperti ini serta menganggap kuis sebagai sesuatu yang menakutkan untuk dikerjakan. Peneliti bertujuan untuk merancang aplikasi kuis menggunakan appery.io sebagai alat evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran TIK kelas VIII SMP Al-Azhar 39 Bukittinggi yang dapat membuat pelaksanaan kuis lebih menarik bagi siswa, serta alat yang pakai valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Define (Pendefinisan), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Data diolah berbentuk deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa: Dalam melakukan 3 tahap uji produk yang peneliti lakukan. Hasil uji validitas dari 3 orang ahli dengan diperoleh nilai 0,77 yang termasuk kategori valid, uji praktikalitas dari 6 responden praktikalator diperoleh nilai 0,78 yang termasuk kategori tinggi, dan uji efektivitas dari 16 responden diperoleh nilai 0,54 yang termasuk kategori efektif, jadi alat evaluasi pembelajaran sudah valid, praktis dan efektif

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...