Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan umum metode dan media pembelajaran PKN pada tingkat SD. Melalui tinjauan literatur, Artikel ini menyajikan rangkaian langkah yang relevan dan teruji guna meningkatkan keaktifan pembelajaran PKN di tingkat dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder. Sumber data penelitian bersumber dari jurnal, artikel dan buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode dan media yang cocok sangatlah diperlukan untuk membantu sekaligus mempermudah dalam proses pembelajaran. Pemilihan metode dan media yang tepat memainkan peran krusial dalam memfasilitasi pemahaman materi PKN yang efektif bagi siswa SD. Diantaranya yaitu metode ceramah, metode cerita, metode tanya jawab, metode penugasan, metode permainan atau kompetisi. Melalui pemahaman yang lebih baik tentang proses seleksi dan penggunaan metode serta media, diharapkan dapat tercipta pembelajaran PKN yang lebih interaktif, mendalam, dan relevan bagi siswa SD. Diharapkan para pendidik dapat memilih metode dan media PKN yang sesuai, meningkatkan partisipasi aktif siswa, dan memfasilitasi pemahaman yang mendalam terhadap nilai-nilai kewarganegaraan dalam konteks yang lebih relevan dan menarik bagi siswa SD.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023