JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran dalam Pembelajaran Kontekstual

Sisharwati, Nunuk (Unknown)
Bakar, Abu (Unknown)
Alpizar, Alpizar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2023

Abstract

Adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut adanya inovasi dalam kurikulum dan pembelajaran. Inovasi pendekatan pembelajaran, menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Salah satunya adalah pendekatan pembelajaran kontekstual. Upaya pengembangan pendekatan pembelajaran adalah keharusan yang wajib dipersiapkan guru dalam proses pembelajaran. Guru adalah kunci keberhasilan pembelajaran di sekolah atau madrasah yang terlibat langsung untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, dengan demikian hasil pembelajaran dapat lebih berkualitas. Pendekatan pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) bertujuan membantu siswa untuk memahami materi ajar dan mengaitkannya dengan konteks kehidupan siswa sehari hari (konteks pribadi, sosial dan kultural) sehingga mereka berpengetahuan, berketerampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya. Siswa bisa belajar dengan baik bila materi ajar terkait dengan pengetahuan dan kegiatan yang telah diketahuinya yang terjadi di sekelilingnya. Adanya model pembelajaran kontekstual ini diharapkan aktivitas pembelajaran benar-benar merupakan kegiatan yang bertujuan yang tertata secara sistematis sehingga dapat memberi pengalaman belajar yang handal kepada peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...