JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Kesiapan Guru Dalam Menyusun Asesmen Diagnostik Non Kognitif Peserta Didik Ditinjau dari Perspektif Psikologi

Hendayani, Santi (Unknown)
Nurlaila, Evi (Unknown)
Fitria, Nita (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam menyusun assessment diagnostik (non kognitif) peserta didik. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri II Pajaresuk Kec. Pringsewu, Kab. Pringsewu, tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 10 orang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Jenis data terdiri dari data primer yang diperoleh melalui observasi, pengisian angket dan wawancara oleh guru, sedangkan sumber data sekunder dari data peserta didik SD Negeri II Pajaresuk, dokumen, dan peraturan yang berkaitan dengan masalah yang akan diteliti yang berfokus pada kompentensi guru SD Negeri II Pajaresuk dalam menyusun assesmen diagnosis non kognitif. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui instrument berupa wawancara angket dan observasi, sedangkan analisis data yang dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari perhitungan seluruh indikator diperoleh hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesiapan guru dalam menyusun asesmen diagnostic non kognitif peserta didik hasilnya sangat variatif memiliki kesiapan dalam menyusun asesmen diagnostik non kognitif peserta didik dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dikatagorikan baik, cukup, dan kurang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...