Berdasarkan hasil tes awal diketahui bahwa terdapat beberapa pemberian reward yang masih rendah dan jarang dilakukan, terdapat tiga indikator pemberian reward yang jarang dilakukan oleh guru yaitu (a) Reward dalam betuk Penghormatan (b) Reward dalam bentuk Hadiah, dan (c) Reward dalam bentuk aktifitas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya minat belajar siswa yang kurang pada saat pembelajaran berlangsung dan tidak ada apresiasi setelah siswa berhasil menyelesaikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam pemberian reward terhadap minat belajar siswa kelas V SDN 08/VI Lubuk Gaung I.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SDN 08/VI Lubuk Gaung I yang berjumlah 35 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan Sampling total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kusioner dengan instrumen berupa angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisa data menggunakan rumus statistika yaitu regresi linier sederhana dan hipotesis menggunaka Uji-T. Dari analisis data pada Uji instrumen dihitung menggunakan rumus uji”t” maka diperoleh thitung 2,958 dan ttabel 1,689 pada taraf singnifikan a = 0,05 karna thitung > ttabel (2,958 > 1,689) dan diperoleh hasil nilai Asymp sebesar 0,006 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari probabilitas 0,05 (0,006 < 0,05). Maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Dari analisis data telah terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward terhadap minat belajar siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023