Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan yang ada yaitu hasil belajar menulis teks pidato dari 25 orang siswa kelas V SDN 60/VI Bangko masih belum tuntas, hanya 30% siswa yang mencapai KKM, pembelajaran di anggap tuntas jika 70% siswa mencapai KKM 75. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penerapan dengan metode latihan terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas kelas V SDN 60/VI Bangko tahun pelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2022. Siklus I tanggal 20 dan 23 November 2022, dan suklus II tanggal 27 November 2022. Objek penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis teks pidato. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas V SDN 60/VI Bangko tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah siswa 25 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis dan observasi terhadap aktivitas siswa dan aktivitas guru selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa keterampilan menulis teks pidato siswa kelas kelas V SDN 60/VI Bangko tahun pelajaran 2022/2023 meningkat melalui penerapan metode latihan terbimbing. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata 54,76% pada pretes, meningkat menjadi 68 % pada siklus I dan meningkat menjadi 86,2 % pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa juga diikuti oleh prilaku siswa. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa pada tindakan siklus I dan siklus II yaitu, meningkat dari rata-rata 49,6% pada pertemuan I pertemuan II meningkat menjadi 68% pada siklus I, dan meningkat menjadi 71,2% pada pertemuan I pertemuan II meningkat menjdi 86,2 % pada siklus II. Hasil aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022