JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Roblematika Moderasi Beragama dan Tawaran Solusi(Toleransi, Kebangsaan, Anti Kekerasan, dan Akomodatif Budaya Lokal

Tabibuddin, M (Unknown)
Emawati, Emawati (Unknown)
Musari, Musari (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini menggambarkan sebuah permasalahan aktual yang berkaitan dengan moderasi beragama dan berfokus pada upaya tawaran solusi dalam konteks toleransi, kebangsaan, anti kekerasan, dan akomodatif budaya lokal. Tujuan dari studi ini adalah untuk memahami implikasi dan dampak dari ketegangan beragama dalam masyarakat, serta menganalisis berbagai pendekatan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis literatur dan studi komparatif, dengan mengeksplorasi sumber-sumber teoritis dan empiris yang relevan. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif dan analitis. Teknik pengumpulan data melibatkan pencarian artikel, buku, dan penelitian terkait, serta analisis teks dan konten. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengidentifikasi pola, tren, dan kesamaan dalam pemikiran dan praktik yang berkaitan dengan toleransi agama, kebangsaan, anti kekerasan, dan budaya lokal. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa masalah moderasi beragama dapat diatasi melalui pendekatan yang berfokus pada promosi toleransi, semangat kebangsaan, penolakan kekerasan, dan promosi budaya lokal yang inklusif. Kesimpulan studi ini adalah perlunya upaya kolaboratif dari pemerintah, masyarakat, dan lembaga sosial dalam mewujudkan solusi ini. Implikasinya adalah pentingnya pendidikan dan advokasi untuk meningkatkan pemahaman tentang nilai-nilai toleransi dan keberagaman dalam masyarakat, serta perluasan praktik-praktik budaya lokal yang inklusif dan ramah terhadap perbedaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...