JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Layanan Konseling Kelompok terhadap Kepercayaan Diri Siswa dalam Belajar di MAS Nurul Maulid Kabupaten Solok

Ningsih, Imade Silvia (Unknown)
Santosa, Budi (Unknown)
Afrinaldi, Afrinaldi (Unknown)
Syam, Hidayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Kepercayaan diri merupakan atribut yang sangat berharga pada diri seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, tanpa adanya kepercayan, Namun pada dasarnya masih ada orang – orang yang memiliki kepercayaan diri yang rendah dapat dilihat dari fenomena yang ada pada siswa MAS Nurul Maulid yang masih memiliki kepercayaan diri yang rendah yang ditandai dengan masih gugup saat di depan teman- temannya serta masih ragu dalam menjawab pertanyaan dai teman- temannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperimental Design yaitu tidak adanya kelompok pembanding dan randomisasi dengan model penelitian One Group Pre-test dan Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA Sampel penelitian berjumlah 12 orang yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument dengan skala Likert mengenai kepercayaan diri. Skala kepercayaan diri diberikan untuk menetapkan kelompok eksperimen, kemudian sampel diberikan pretest sebelum diberikan perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perlakuan yang diberikan terhadap variabel dependen (terikat). Pengolahan data dan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji hipotesis (uji wilcoxon). Hasil tes statistik diketahui bahwa asymp sig (2-tailed) diperoleh nilai sebesar 0,006 yang lebih kecil dari alpha 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya layanan konseling kelompok berpengaruh terhadap kepercayaan diri sisiwa dalam belajar di MAS Nurul Maulid Kabupaten Solok.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...