JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Profil Perilaku Bullying Peserta Didik Kelas VII di Salah Satu SMP Negeri Kota Serang

Wahyuningsih, Lenny (Unknown)
Naqiyyah, Deva Khofifah Jauharotun (Unknown)
Elawati, Silvia (Unknown)
Diananissa, Firda Novilia (Unknown)
Aliyanti, Arvina (Unknown)
Tuti, Nova Widiyas (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perilaku bullying dikalangan peserta didik. Perilaku bullying ini sudah pasti sangat meresahkan karena dapat berdampak negatif bagi korbannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran perilaku bullying yang terjadi pada peserta didik SMP Negeri 8 Kota Serang. Populasi pada penelitian ini menggunakan sebanyak 427 siswa kelas VII dan 114 siswa dijadikan sampel dengan menggunakan simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket secara online menggunakan instrumen penelitian dengan skala likert. Fenomena perilaku bullying dikalangan peserta didik yaitu berupa angket yang terdiri dari 32 butir pernyataan dan terdiri atas empat jenis perilaku bullying yaitu bullying verbal, bullying fisik, bullying relasional dan cyberbullying. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perilaku bullying pada siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Serang cukup banyak terjadi karena hampir sebagian sampel berada pada kategori Tinggi. Namun hasil paling signifikan dari bullying berdasarkan jenisnya yang memiliki persentase tertinggi adalah bullying verbal yaitu sebesar 27,06%. Perilaku yang dilakukan seperti memanggil dengan sebutan buruk atau mengejek dengan nama orang tua.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...