JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Faktor-Faktor Penghambat Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah

Astari, Dewa Ayu Prilya (Unknown)
Swarmahardika, Ida Komang Putra (Unknown)
Putri, Nyoman Prasilia Ariandi (Unknown)
Apsari, Putu Linda (Unknown)
Utami, Ida Ayu Nyoman Trisna Sugita (Unknown)
Mandabayan, Hellen Crisanta (Unknown)
Werang, Basilius Redan (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2023

Abstract

Manajemen berbasis sekolah harus dilaksanakan sebagai jawaban untuk mencapai pemerataan kebutuhan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SD Negeri 1 Kampung Anyar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terkait implementasi MBS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sejumlah faktor berkontribusi terhadap penghambatan implementasi MBS di SD Negeri 1 Kampung Anyar. Pertama, pengelolaan keuangan yang belum maksimal. Kedua, kurangnya sumber daya manusia dikarenakan usia guru yang memasuki usia pensiun. Ketiga, terdapat sarana dan prasarana yang kurang memadai. Keempat, kurangnya dukungan dari masyarakat terkait program yang dilakukan sekolah. Penelitian ini memberikan kajian tentang tantangan yang dihadapi SD Negeri 1 Kampung Anyar dalam menerapkan MBS. Solusi yang dapat ditawarkan penelitian peneliti yakni mengadakan perbaikan dan perencanaan strategis guna meningkatkan efektivitas MBS di sekolah ini dan sekolah-sekolah serupa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...