JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Mengumpulkan, Menganalisis, dan Menginterpretasikan Informasi Evaluasi Program Pendidikan di Satuan Pendidikan

Arlen, Arlen (Unknown)
Syafitri, Ayu (Unknown)
Zulmuqim, Zulmuqim (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2023

Abstract

Evaluasi merupakan elemen kunci dalam penilaian kinerja suatu inisiatif, proyek, atau program. Artikel ini membahas tiga tahap utama dalam proses evaluasi yaitu mengumpulkan informasi, menganalisis informasi, dan menginterpretasikan informasi. Tahap pertama adalah mengumpulkan informasi yaitu mencakup pengumpulan data yang relevan dan akurat menggunakan berbagai metode. Tahap berikutnya adalah menganalisis informasi yang melibatkan pengolahan data dan penerapan teknik analisis untuk mengidentifikasi pola dan temuan penting dalam data evaluasi. Tahap akhir yaitu menginterpretasikan informasi yang merupakan kunci untuk menghubungkan data dengan tujuan evaluasi dan memberikan konteks yang diperlukan. Metode yang dipakai pada artikel ini adalah library research. Hasil evaluasi dapat digunakan untuk mengambil tindakan yang tepat, seperti perbaikan, pengambilan keputusan, atau pengembangan strategi. Proses evaluasi membantu organisasi dan individu memahami kinerja mereka, mengukur keberhasilan, dan membuat perubahan yang diperlukan. Untuk mencapai evaluasi yang efektif, penting untuk menjaga kualitas data, menggunakan metode analisis yang tepat, dan menginterpretasikan hasil dengan cermat. Kesimpulan dari proses evaluasi memberikan wawasan berharga yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dan membuat keputusan yang lebih terinformasi. Dengan memahami dan mengikuti langkah-langkah kunci ini, individu dan organisasi dapat mengoptimalkan manfaat dari evaluasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...