JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Penerapan LPKD Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IX SMPN 4 Pasuruan

Aisyah, Intan Meilina (Unknown)
Lestari, Andika Setyo Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2023

Abstract

Perkembangan zaman ialah sebuah peristiwa yang tidak bisa terhindarkan bagi seluruh orang. Satu diantara aspek terpenting di masa modernisasi kini yaitu Critical Thinking (berpikir kritis). Perubahan zaman yang terjadi di Indonesia merupakan faktor dari globalisasi yang tidak seluruhnya sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Generasi muda yang banyak disebut sebagai agent of change (agen perubahan) yang menjadikan negara Indonesia menjadi lebih baik di masa mendatang. Metode penelitian yang dipakai ialah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrument yang dipakai guna pengukuran kecapakan berpikir kritis pelajar pada riset berikut ialah berupa soal post-test berbasis PBL (problem based learning) di tiap akhir pembelajaran dimana materinya bangun ruang tabung. Bersumber hasil PTK di kelas IX di SMPN 4 Pasuruan tentang implementasi LKPD PBL guna mengoptimalkan kecapakan berpikir kritis pelajar. Di siklus 1 presentase klasikal kemampuan berpikir kritis pada pelajar adalah 60 % dimana skor reratanya 69,25. Berikutnya di siklus 2 terdapat kenaikan sebanyak 20 %. Di siklus 2 presentase klasikal siswa adalah 80 % dimana skor reratanya 80. Dapat dicermati dari hasil penelitian bahwasanya problem based learning bisa mengoptimalkan kecapakan berpikir kritis pelajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...