Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe puzzle jigsaw terhadap hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 4 Kota Pasuruan yang terdiri dari 32 siswa dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian dilakukan secara sistematis. Setiap rangkaiannya terdiri dari kegiatan perencanaan, kegiatan tindakan, kegiatan observasi, dan kegiatan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian terdiri dari tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan persentase untuk mengamati perubahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi siswa selama proses pembelajaran; (2) Hasil nilai rata-rata siswa terlihat bahwa pada siklus pertama 61,5% sedangkan pada si-klus II 81,5%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023