Penelitian ini didasarkan pada perkembangan zaman, karena kurikulum pendidikan telah berubah dan beberapa sekolah sekarang menerapkan kurikulum merdeka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa siap sekolah untuk menerapkan kurikulum belajar merdeka di SDN 1 Sukasada dan SDN 2 Sukasada. Subjek penelitian ini adalah guru dan kepala sekolah. Observasi, dokumentasi, dan wawancara adalah teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Untuk memastikan validitas data yang dikumpulkan oleh peneliti, peneliti menggunakan triangulasi metode. Hal ini penting untuk diterapkan dalam penelitian yang menggunakan metode kualitatif karena memungkinkan peneliti untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 1 Sukasada dan SDN 2 Sukasada sudah siap untuk menerapkan kurikulum belajar merdeka, tetapi masih di tahap awal. Namun, ini pengimplementasiannya belum maksimal karena masih dalam tahap awal penyesuaian terhadap lingkungan sekolah. Guru perlu dilatih secara menyeluruh tentang pemahaman mereka tentang kurikulum belajar mandiri dan bagaimana menggunakan teknologi untuk membuat pembelajaran lebih kreatif. Selain itu, sekolah harus mempersiapkan sarana dan fasilitas yang mendukung pembelajaran.
Copyrights © 2023