Perkembangan teknologi informasi, termasuk penggunaan media pembelajaran berbasis video cerita bergambar, telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi Pengaruh Media Pembelajaran Video Cerita Bergambar terhadap Minat Belajar Siswa di kelas 4A dan 4C di SD 02 Sumberjaya. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan desain one-group pretest-posttest. Partisipan penelitian terdiri dari siswa kelas 4A dan 4C, dengan total populasi sebanyak 63 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan tes, dengan analisis data menggunakan uji hipotesis dan statistik. Hasil analisis data post-test menunjukkan bahwa penerapan Media Pembelajaran Video Cerita Bergambar memberikan dampak positif signifikan terhadap minat belajar siswa, dengan nilai rata-rata mencapai 85.23. Data angket juga menunjukkan bahwa sekitar 79% siswa menyatakan setuju atau sangat setuju terhadap efektivitas media tersebut dalam meningkatkan minat belajar mereka.
Copyrights © 2023