JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 10 Surau Gadang

Krisnawati, Ike (Unknown)
Yulia, Yulia (Unknown)
Utami, Monita (Unknown)
Yuriszulmi, Yuriszulmi (Unknown)
Farhan Satria, Trinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2023

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 10 Surau Gadang masih dibawah KKM. Penyebab peserta didik kurang antusisas dan kurang aktif dalam pembelajaran, kurangnya interaksi antara guru dengan siswa pembelajaran kurang inovatif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaaan media diorama terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 10 Surau Gadang Padang. Jenis penelitian ini adalah menggunakan Quasi Eksperimen rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest only Control Group Design. Dalam design ini terdapat dua kelompok, dimana kelompok pertama diberikan perlakuan menggunakan media diorama dan kelompok kedua tidak diberikan perlakuan menggunakan media. Dari perolehan data hasil analisis uji t maka diperoleh nilai thitung =4,05 dan ttabel=1,648 dengan dk = n1 + n2-2. Berdasarkan pengujian thitung >ttabel (4,05> 1,648) maka H0 ditolak dan H1 diterima, dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar siswa yang menggunakan media diorama lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media diorama”.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...