Jurnal ini mengeksplorasi peran vital pendidikan kewarganegaraan dalam pembentukan karakter anak Sekolah Dasar (SD). Fokus utama adalah memahami hubungan yang kuat antara pembelajaran kewarganegaraan dan perkembangan nilai, sikap, dan perilaku positif pada anak-anak. Melalui tinjauan literatur, observasi, dan wawancara, penelitian ini menyoroti nilai-nilai demokrasi, hak dan kewajiban, serta keberagaman sebagai elemen kunci pendidikan kewarganegaraan. Temuan penelitian menggambarkan dampak positif pendidikan kewarganegaraan terhadap pengembangan karakter siswa SD. Implikasi temuan ini disusun untuk memberikan kontribusi pada perbaikan model pendidikan kewarganegaraan dan memandu pendekatan yang holistik dalam mendukung pertumbuhan karakter siswa. Penelitian ini menekankan pentingnya kerjasama antara sekolah, guru, dan orang tua dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan karakter yang positif pada anak-anak SD.
Copyrights © 2023