JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023

Self-Esteem and Anxiety of Students with Dyslexia: Article Review

Hidayah, Nurul (Unknown)
Hidayati, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Masalah psikologis pada siswa disleksia telah mendapatkan sedikit perhatian dari para peneliti, meskipun kesadaran tentang disleksia di seluruh dunia meningkat. Ini merupakan artikel review yang bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi self-esteem siswa disleksia, strategi guru untuk meningkatkan self-esteem siswa disleksia, dan hubungan antara self-esteem siswa disleksia dan ganguan kecemasan mereka. Basis data yang digunakan diantaranya Eric, Scopus, ISI Web of Science, Semantic Scholar, Google Scholar, dll. Sekitar 225 artikel terkait disleksia telah diidentifikasi, dan proses penyaringan telah dilakukan. Berdasarkan kriteria tertentu, beberapa artikel yang berfokus pada self-esteem dan gangguan kecemasan pada siswa disleksia direview dalam penelitian ini. Studi ini menemukan bahwa siswa disleksia memiliki slef-esteem yang lebih rendah dibandingkan dengan teman sebaya yang non-disleksia karena pengalaman negatif akibat kesulitan membaca. Pelatihan Phonological awareness training, specific cognitive strategies, and the Phono-Graphix Metode secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia, menyebabkan peningkatan self-esteem mereka dan penurunan kecemasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...