JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Efektivitas Promosi melalui Instagram pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kota Pekanbaru

Anggraini, Rani (Unknown)
Rahmadhani, Putri (Unknown)
Irsyadilla, Azzahra (Unknown)
Sari, Revita (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Pemberdayaan UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan membuat UMKM harus mampu menghadapi tantangan global, seperti meningkatkan inovasi produk dan jasa, Untuk menumbuhkan minat konsumen mencoba dan membeli produk yang dijual UMKM, diperlukan upaya, berbagai strategi pemasaran yang efektif salah satunya dengan kegiatan promosi. Salah satu media yang termasuk media internet adalah media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis efektivitas promosi produk UMKM di media Instagram. Efektivitas promosi diukur dengan konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang pemilik akun instagram aktif dan memfollow minimal satu akun UMKM sektor makanan dan minuman di pekanbaru yang berpromosi di media Instagram. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas data, dan uji t satu sampel. Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa efektivitas promosi UMKM makanan dan minuman kota Pekanbaru di media Instagram pada kategori tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa promosi melalui media instagram bermanfaat untuk menarik minat konsumen membeli produk UMKM sektor makanan dan minuman.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...