JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Melalui Kegiatan Mewarnai di TKIT Fajar Ilahi Batuaji Batam

Ulva, Maria (Unknown)
Joni, Joni (Unknown)
Mulyasari, Rini (Unknown)
Hestina, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok A melalui kegiatan mewarnai di TKIT Fajar Ilahi 1 Batam. Mewarnai adalah sebuah keterampilan yang disukai oleh anak.Dan sejauh ini telah menjadi media bagi mereka untuk memungkinkan segala imajinasi dan inspirasi tentang segala hal yang mungkin pernah disentuh atau meraka alami. Kegiatan mewarnai yang dilakukan oleh anak kelompok A TKIT Fajar Ilahi 1 dirasa masih kurang optimal, kegiatan ini hanya dua kali dalam seminggu, bahkan kadang dalam satu minggu tidak ada kegiatan mewarani. Gurupun mengajarkan mewarnai tidak melalui tahapan-tahapan dalam mewarnai sehingga ketika diadakan kegiatan mewarnai anak-anak kurang menyukainya karena menurut anak kegiatan mewarnai itu sulit sekali. sehingga dengan kondisi seperti ini diperlukan penelitian tentang peningkatan keterampilan fisik motorik halus anak melalui kegiatan mewarnai pada kelompok A TKIT Fajar Ilahi Batuaji Batam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mewarnai. meningkat, pada siklus I sekitar 50% masuk pada kategori rendah kemudian mengalami peningkatan pada siklus II sekitar 85% masuk pada kategori tinggi, Ada peningkatan sekitar 35%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kemampuan mewarnai anak dapat meningkat adalah: guru memberi contoh gambar mewarnai sesuai tema dan mendemonstrasikan cara mewarnai pada anak-anak secara berulang sebelum kegiatan dimulai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan mewarnai dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok A TKIT Fajar Ilahi 1 Batam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...