Matematika sebenarnya adalah ilmu yang mudah jika saja siswa memahami konsep dari matematika itu dan paham terhadap materi. Akan tetapi banyak siswa yang menganggap bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit dari pelajaran lainnya. Sebenarnya matematika akan dianggap tuntas jika soal-soal atau masalah yang diberikan dapat terselesaikan dengan baik tanpa adanya kesalahan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesalahan-kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam megerjakan soal barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka yang mana peneliti menganalisis data dari penelitian-penelitian terdahulu yang berkaitan dengan judul penelitian hingga akhirnya ditarik menjadi kesimpulan. Dari analisis data ditemukan hasil bahwa ada tiga kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika khususnya barisan dan deret aritmatika. Pertama, kesalahan dalam membaca soal yang seringkali disebabkan oleh kurangnya ketelitian siswa. Kedua, kesalahan dalam memahami konsep ataupun rumus yang akan digunakan. Ketiga, kesalahan dalam proses pengerjaan yang dipicu kurangnya ketelitian siswa.
Copyrights © 2024