JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik di SMP IT Mutiara Aulia

Rora Rizky Wandini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
I Hafisah Perangin-Angin (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Djody Priantono (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rendahnya minat belajar di SMP IT Mutiara, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode yang digunakan guru dalam melakukan keberlangsungan suatu proses pembelajaran, agar mengetahui apa saja kendala yang dihadapi oleh pendidik dalam upaya membangkitkan minat belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Narasumber wawancara terdiri dari 10 orang dengan 3 orang kelas VII, 3 orang kelas VIII, 3 orang kelas IX dan satu orang guru. Dalam pengambilan data peneliti melakukan observasi langsung dan wawancar. Setelah mendapatkan hasil dari wawancara tersebut, peneliti mendapatkan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat belajar peserta didik di SMP IT Mutiara Aulia, diantaranya : 1.) kurangnya perhatian dari guru, (2) kurangnya motivasi belajar siswa, (3) siswa tidak tertarik untuk melakukan sebuah pembelajaran, (4) sedikitnya jumlah peserta didik dalam kelas, (5) tidak adanya guru di saat jam masuknya pelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...