JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Pengaruh Metode Fonik terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Tingkat Dasar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Siregar, Rodia Tammardia (Unknown)
Audina , Fitra (Unknown)
Sari, Yustika (Unknown)
Serungke , Mayang (Unknown)
Wety , Elfina (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Pembelajaran membaca di SD terdiri dari dua bagian yaitu membaca permulaan dan membaca lanjutan. Membaca permulaan ini berada dikelas I dan II, untuk itu agar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa digunakannya metode fonik dalam pembelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya peningkatan kemampuan membaca anak usia dini melalui metode fonik. Penelitian ini dilakukan di SD Setia Nurul Azmi Kabupaten Kota Medan. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 sampai pada bulan November. Adapun objek yang akan menjadi populasi adalah seluruh siswa di tingkat dasar Setia Nurul Azmi Kabupaten Kota yang terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa keseluruhan adalah 24 orang. Untuk itu kelompok yang akan di ambil dalam penelitian ini adalah kelompok B2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, Adapun jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan tipe one group pretest-posttest design. Berdasarkan temuan dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa metode Fonik memberi pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan membaca. Pelaksanaan metode fonik di TK Aisyiyah Tanjung Barulak telah mencapai tujuan dalam hal kemampuan membaca. Hal ini dapat terlihat dari perhitungan yang telah dipaparkan terbukti bahwa thitung lebih besar dari ttabel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...