JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Kebutuhan Peserta Didik Sebagai Acuan Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Di SMKN 6 Kota Bekasi

Qoyyim, Alif Ibnu (Unknown)
Widiasanti, Irika (Unknown)
Saleh, Rosmawita (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2024

Abstract

Studi ini mengemukakan analisis kebutuhan peserta didik sebagai acuan pengembangan bahan ajar mata pelajaran Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMKN 6 Kota Bekasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kuantitatif, sementara teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas 11 dan 12 program keahlian DPIB di SMKN 6 Kota Bekasi dengan total 35 siswa. Hasilnya bahan ajar menjadi faktor yang sangat berpengaruh bagi siswa dalam memahami materi pelajaran. Sementara itu bahan ajar yang digunakan saat ini belum cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan pemahaman siswa, terutama pada materi dengan konsep-konsep yang sulit. Dari hal tersebut, Rata-rata siswa menyatakan setuju perlu adanya pengembangan bahan ajar tambahan untuk menunjang proses pembelajaran. Didapatkan hasil bahwa 62% siswa memilih bahan ajar berbentuk E-modul sebagai bahan ajar yang ingin dikembangkan karena dinilai praktis, fleksibel dan mudah untuk dipahami.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...