JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Penerapan Kebijakan Kelas Tahfidz dan Kelas Bahasa di SD Plus 3 Al-Muhajirin Purwakarta

Alindra, Afridha Laily (Unknown)
Fauziah, Adela (Unknown)
Firdaus, Dzulfa Nur (Unknown)
Halimah, Nur Fitri (Unknown)
Robin, Shavega Julia (Unknown)
Janika, Sulistia (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Pentingnya pembelajaran Tahfidz adalah untuk pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam kehidupan sehari- hari. Selain itu, pembelajaran Bahasa Inggris juga memiliki peranan yang penting karena dapat menciptakan peserta didik yang dapat berkomunikasi dan mendapatkan wawasan secara global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, digunakan untuk mencari informasi yang lebih mendalam tentang analisis kebijakan kelas tahfidz dan kelas bahasa di SD Plus 3 Al-Muhajirin yang kurikulum sekolahnya berbasis pesantren, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang difokuskan pada kasus tertentu untuk diamati dan dianalisis. Kelas Tahfidz efektif dalam meningkatkan hafalan Al-Qur'an siswa, sementara kelas Bahasa Inggris memberikan dampak positif terhadap kemampuan berbahasa siswa. Kendala seperti semangat siswa dan tekanan dalam kelas Bahasa Inggris perlu dicermati. Orang tua merespon positif terhadap program-program ini, meskipun ada kekhawatiran terkait dengan tuntutan dalam program kelas tersebut, maka diperlukan pendekatan yang lebih fleksibel untuk memastikan kesejahteraan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...