JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan pada SMP Al Ma’soem Jatinangor Sumedang

Supriyanto, Dadang (Unknown)
Hidayatullah, Dadan (Unknown)
Badrudin, Badrudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar diketahui pemenuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemenuhan SNP di SMP Al Ma’soem Jatinangor. Dengan menggunakan metode kualitatif sederhana (mini riset) dengan metode deskripsif (mendeskripsikan keadaan yang sebenarnya dari objek yang diteliti). Teknik yang dipakai penelitian ini yakni observasi. Pelaksanaan 8 standar Nasional Pendidikan, sesuai data yang didapatkan yaitu 1) standar isi dicapai 92%, 2) standar proses mencapai 90%, 3) standar kompetensi lulusan mencapai 94%, 4) standar tenaga pendidik dan kependidikan mencapai 85%, 5) standar sarana dan prasarana mencapai 85%, 6) standar pengelolaan mencapai 90%, 7) standar pembiayaan mencapai 90%, dan 8) standar penilaian mencapai 93%; Hasil penelitian analisis pemenuhan SNP di SMP Al Ma’soem telah terlaksana dengan baik diberikan kesimpulan bahwa pemenuhan delapan standar nasional Pendidikan pada SMP Al Masoem Jatinangor telah terpenuhi sesuai keadaan yang ada. Standar yang perlu menjadi perhatian yaitu standar tenaga pendidik dan kependidikan, dan standar sarana prasarana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...