JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

The Effect of Using Kahoot Application to Retain Students’ Vocabulary at the Second Grade of SMP N 3 X Koto

Febriani, Lidya (Unknown)
Dewi, Merry Prima (Unknown)
Syahrul, Syahrul (Unknown)
Syafitri, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan aplikasi kahoot untuk mempertahankan kosakata siswa di kelas dua SMP N 3. Peneliti menemukan beberapa masalah terkait kosakata siswa. Pertama, siswa kekurangan kosa kata. Kedua, siswa sulit menghafal kosakata. Ketiga, rendahnya motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest eksperimental dan control group design. Sampelnya adalah siswa kelas II SMP N 3 X Koto, yaitu VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan tes kosakata sebagai instrumen dalam pre-test dan post-test. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan uji t sampel independen dan uji t sampel berpasangan di SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap retensi kosakata siswa pada siswa yang diajar menggunakan aplikasi kahoot dan para siswa mengajar secara konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,004 < 0,05 pada uji t sampel independen dan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...