JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Meniti Puncak Prestasi: Ketercapaian Standar Mutu JSIT di SD IT Adzkia 2 Padang sebagai Fondasi Keunggulan Pendidikan

Utami, Monita (Unknown)
Yulia, Yulia (Unknown)
Krisnawati, Ike (Unknown)
Hayati, Rahmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ketercapaian standar mutu JSIT di SD IT Adzkia 2 Padang agar dapat menghasilkan pendidikan yang unggul dan peserta didik yang berprestasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan dengan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Perencanaan kurikulum dirancang sesuai dengan visi misi sekolah dan standar mutu JSIT. Pelaksanaan kurikulum dijabarkan dengan program sekolah yang rinci disertai kalender pendidikan yang disesuaikan dengan kalender Dinas Pendidikan, kebijakan Yayasan dan rencana kegiatan sekolah. Faktor yang menghambatnya yaitu masih ada guru yang tidak linear dengan pekerjaannya sekarang. Solusi yang diambil meliputi: pembinaan guru dan karyawan secara rutin, pembinaan ruhiyah, mengangkatkan kegiatan workshop yang diadakan setiap bulannya, adanya kegiatan guru berbagi pengalaman, adanya Kelompok Kerja Guru (KKG), dan kegiatan unggulan sekolah. Hasil evaluasi ketercapaian standar mutu JSIT yang diselenggaran oleh Yayasan Adzkia terhadap SD IT Adzkia 2 Padang pada aspek standar kompetensi lulusan 94% , standar isi 100%, standar Pendidikan agama islam 100%, standar pembinaan Peserta didik 100%, standar proses 100%, standar penilaian 100%, standar kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan 96%, standar sarana dan prasarana 86%, standar pengelolaan 100%, standar pembiayaan 98%, dan standar Kerjasama 86%. Rata-rata ketercapaian standar mutunya adalah 96%. Hasil evaluasi ini mendapatkan hasil yang sangat baik, hal ini berdapak pada meningkatnya prestasi siswa, tidak hanya di tingkat provinsi, tapi juga di tingkat nasional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...