JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 1 (2024): April 2024

Analisis perilaku Peduli Lingkungan pada Siswa Sekolah Dasar

Disa Nurfauziah Sadikin (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Lulu Aribah Athiyyah (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Willi Dwi Purnomo (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Intan Lavieola Restyalino (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Yayan Alpian (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2024

Abstract

Dunia Pendidikan adalah tempat di mana semua siswa dapat memperoleh manfaat dari pendidikan. Salah satunya adalah mendidik seluruh siswa tentang pengembangan kepribadian hijau Memungkinkan Anda merasa nyaman dan tenteram saat menjalankan proses belajar mengajar. Memberikan pendidikan lingkungan hidup sejak dini merupakan salah satu cara untuk memberikan dampak yang besar dan merupakan hal yang tepat untuk dilakukan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepribadian sadar lingkungan siswa kelas V dalam membuang sampah pada tempat yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. eknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan kuesioner .Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman.Penelitian ini menggunakan dua indikator untuk mengetahui kesadaran lingkungan siswa sekolah dasar pemahaman siswa terhadap jenis sampah Berdasarkan hasil penelitian, dari indikator pengetahuan tentang jenis sampah, tercapai proporsi sebesar 37,38%, dan hanya indikator yang memahami jenis sampah organik dan anorganik. Indikator konsep 3R yang kedua memperoleh share sebesar 45,27%. Dengan demikian, hasil 4.444 menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa tentang perlindungan lingkungan hidup termasuk dalam standar rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...